Hard Disk

Hard Disk

Hardisk adalah media penyimpanan komputer. Menyimpan semua yang pernah dilakukan oleh komputer tersebut. Dari system operasi, History, software, data pribadi, dan sebagainya. 
Di dalam Hardisk ada beberapa kamar kamar yang berfungsi untuk mengelompokan data data yang tersimpan. Kamar kamar tersebut yaitu Directory, folder, subdirectory, dan subfolder.
Harddisk terdiri dari beberapa komponen. Komponen yang paling penting adalah platter. Bentuk nya sama seperti CD. Platter adalah komponen hardisk yang berfungsi sebagai penyimpan data. Disitulah semua data data dari komputer berada.




Komponen Hard Disk

Hardisk memiliki beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut saling membutuhkan satu sama lain. sehingga Harddisk dapat melakukan tugas nya dengan benar
komponen komponen Hard disk terdiri dari
  • spindle
  • heads
  • slider
Masing masing dari komponen tersebut memiliki tugas nya masing masing. antara lain sebagai berikut :
 
 
Spindle
 
Spindle adalah komponen yang ada didalam harddisk yang berfungsi untuk memutarkan platter atau piringan data yang ada pada harddisk.  Spindle ini memutarkan platter atau piringan data dengan sangat cepat. Spindle menggunakan satuan Rotation Per Minute atau disingkat dengan RPM. Semakin cepat Spindle dapat memutar platter nya, semakin bagus kualitas dari harddisk tersebut.
 
 
Heads
Heads berfungsi untuk membaca dan menulis data data dari platter. Letaknya berada diantara Platter. Saat platter berputar dengan sangat cepat. Heads akan mencari posisi dimana data yang akan dibuka itu tersimpan lalu Heads akan menampilkannya. Heads dapat bergerak keatas dan kebawah saat Platter berputar dengan sangat cepat
 

Slider
 
Slider adalah benda yang berada di ujung Heads. Slideer ini dihubungkan dengan sebuah benda yang bernama actuator arms. Actuator Arms dipasang mati pada poros actuator, di mana seluruh mekanisme gerakan dari actuator ini dikendalikan oleh sebuah papan pengendali (logic board)yang mengomunikasikan setiap pertukaran informasi dengan komponen komputer yanglainnya. Antara actuator dengan karena keduanya dihubungkan dengan sebuah kabelpita tipis. Kabel inilah yang menjadi jalan instruksi dari dan ke dalam pelat harddisk.

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakanlah komentar
setiap huruf yang anda ketik sangatlah berarti untuk saya.
terima kasih