Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network (PAN)




Personal Area Network (PAN) adlah jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antara komputer atau perangkat lain yang dekat ,seperti printer, fax, telepon, PDA, scaner dan perangkat lainnya.

Sebuah PAN umumnya memiliki jarak 4-6 meter. PAN umumnya berguna untuk komunikasi dengan perangkat tertentu atau untuk menghubungkan ke jaringan komputer yang lebih tinggi atau bahkan internet (misalnya menggunakan modem ponsel atau eksternal ).

Koneksi jaringan komputer personal yang wired bisa langsung terhubung ke slot komputer, misalnya slot USB atau firewire (IEEE 1394). Adapun yang wireless bisa berupa infrared (IrDA) ataupun bluetooth.

Bloetooth untuk PAN juga disebut piconet, komponen ini terdiri dari 8 peranti aktif yang menggunakan hubungan master dan slave. Perangkat bluetooth pertama di piconet berfungsi sebagai master sementara lainnya berfugsi sebagai slave. Sebuah piconet pada umumnya memiliki jangkauan 10 meter walupun dalam kondisi ideal bisa hingga mencapai 100 meter.

IOnovasi-inovasi terkini di antena bluetooth memungkinkan peranti ini untuk meningkatkan jangkauan sehingga melampaui jangkauan yang ada sebenarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakanlah komentar
setiap huruf yang anda ketik sangatlah berarti untuk saya.
terima kasih